Monday, 1 February 2016

Menuju Hidup Seimbang dengan Aktivitas Fisik TepatLife is like walking on a tightrope.

Hidup ibarat kita berjalan di atas tali keseimbangan. Antara kesehatan fisik, jiwa, kehidupan pribadi, keagamaan, pekerjaan, dan aktivitas lainnya, harus tetap dijaga keseimbangannya untuk mencapai kualitas hidup yang maksimal. Dan layaknya berjalan di atas tali keseimbangan, hal ini tentu tak semudah membalikan telapak tangan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi seperti pola makan, aktivitas fisik, lingkungan, dan sebagainya.

Seperti diketahui, aktivitas fisik terutama olahraga sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Sayangnya orang yang kurang memprioritaskan olahraga biasanya beralasan tidak memiliki waktu akibat aktivitas yang padat. Padahal, olahraga berkontribusi besar terhadap kesehatan tubuh seperti :
 
· Memperbaiki mood.
· Mempertahankan berat badan.
· Mencegah penyakit kronis.
· Tubuh lebih bugar.
· Tidur lebih nyenyak.
· Kehidupan seksual lebih baik.
Aktivitas fisik atau olahraga bisa dimulai dari hal yang sederhana dan bisa diterapkan setiap saat, misalnya :
 
1. Jalan kaki atau bersepeda. Anda bisa membiasakan berjalan kaki atau bersepeda ke tempat yang biasanya Anda tempuh dengan kendaraan. Tentunya dalam jarak yang masih wajar.
 
2. Berkebun. Banyak yang bisa Anda dapatkan melalui kegiatan ini. Selain membuat rumah menjadi lebih indah, berkebun melibatkan kerja fisik seperti menggali, memacul, mencabut rumput atau tanaman liar, memangkas tanaman, menyapu, memberi pupuk, menyiram, dan sebagainya. Jika ini rutin dilakukan, tentu dapat menambah fitalitas tubuh kita. Bahkan sebuah penelitian membuktikan bahwa aktivitas berkebun bisa mengurangi kadar hormon ’cortisol’ yang menyebabkan stres.

3. Mencuci mobil. Jongkok, berdiri, dan gerakan tangan yang konsisten tentu menjadi salah satu alasan mengapa mencuci mobil menjadi aktivitas fisik yang menyehatkan.

4. Naik/turun tangga. Dilansir oleh Indiatimes, naik turun tangga termasuk anaerobic fitness, di mana Anda bisa meningkatkan kemampuan bernapas lebih panjang dan tidak mudah lelah melalui latihan ini. Secara bertahap, Anda tidak akan mudah ngos-ngosan ketika melakukan sebuah aktivitas yang terburu-buru dan berat. Naik turun tangga juga termasuk aerobic fitness, yang membantu melatih organ kardiovaskuler serta meningkatkan metabolisme secara bertahap. Anda mungkin merasa lelah di minggu-minggu awal, namun bila sudah terbiasa, Anda akan merasa lebih bugar.

Aktivitas fisik di atas akan menjadi lebih baik jika Anda memadukannya dengan beberapa jenis olah raga seperti senam, badminton, lari pagi, renang, dan sebagainya. Jika hal tersebut rutin dilakukan, maka tubuh Anda akan lebih sehat dan lebih bugar saat menjalani aktivitas sehari-hari. Hidup seimbang semakin mudah Anda dapatkan.

Mari lakukan aktivitas-aktivitas fisik diatas dengan tepat untuk menuju hidup yang seimbang.

 

No comments:

Post a Comment